Desa Wisata di Jogja ini akan membuatmu makin kreatif

3 Desa Wisata di Jogja ini akan membuatmu makin kreatif

Desa wisata, belakangan keberadaan desa wisata semakin tumbuh dengan pesat. Hal ini kemudian menjadikan bertambahnya pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan. Jika sebelumnya wisata di dominasi wisata perkotaan, kini wisata pedesaan justru yang menjadi tujuan utama dan digemari oleh para pelancong. Kenapa demikian? Karena desa wisata tidak hanya menawarkan wahana wisata semata, lebih dari itu adalah atraksi wisata dari kearifan lokal dan budaya yang dimiliki oleh desa tersebut.

Mari kita melancong ke Desa Wisata di Jogja / Daerah Istimewa Yogyakarta. Jogja memiliki keragaman dan kekayaan warisan kesenian, tradisi dan budaya. Kota Pendidikan, sekaligus kota budaya dan kini juga menjelma menjadi Kota Wisata ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, baik wisata perkotaan maupun wisata pedesaan.

Tidak berlebih ketika swadesa.com menyebut Jogja sebagai surganya tempat liburan di Indonesia. Sebab di daerah kekuasaan Sultan ini, Anda dapat menyaksikan destinasi wisata alam hingga budaya, termasuk kuliner yang lengkap tersaji. Sebagian dari Anda mungkin pernah berwisata sekaligus belanja di sepanjang jalanan Malioboro atau bagi Anda penikmat pemandangan ketika ke Jogja pasti tidak melewatkan momen  berburu sunset di Istana Ratu Boko. Dua destinasi wisata yang disebutkan itu memang sudah sangat terkenal, nah bagaimana dengan desa wisata?

Yogyakarta memiliki banyak sekali desa wisata dengan berbagai aneka ragam wahana serta atraksi wisata yang ditawarkan. Swadesa.com telah merangkum untuk Anda, desa wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi dan dijamin akan menjadikan liburan Anda lebih kreatif, karena di desa wisata ini Anda tidak hanya berwisata namun belajar kesenian menjadi kreatif;

Desa Wisata Manding

Desa wisata Jogja pertama yang dapat mengasah kreativitas Anda adalah Desa Wisata Manding. Di desa wisata ini Anda dapat membuat kerajinan kulit. Ya memang, Manding adalah Desa wisata yang juga merupakan sentra pengrajin kulit di Yogyakarta. Ketika Anda berkunjung ke desa wisata ini, Anda akan banyak belajar dan menyaksikan berbagai hasil kreasi dan kerajinan tangan dari kulit.

Desa Manding, sebagai desa wisata dan desa pengrajin kulit, membuat perpaduan dari warga yang sebagian berprofesi sebagai pengrajin berbagai kerajinan yang terbuat dari kulit, seperti tas, sepatu, dompet, jaket, topi, dan masih banyak lainnya. Kemudian di padukan dengan kegiatan wisata, sehingga menciptakan satu wisata edukasi yang bermanfaat tidak hanya untuk berwisata tapi belajar.

Desa wisata Manding,  terletak di Jalan Parangtritis KM 11, Kabupaten Bantul. Jika Anda berkunjung ke desa wisata ini, Anda dapat membuat aksesoris sesuai keinginan Anda dan akan dipandu oleh pengrajin lokal, Anda juga dapat sekedar untuk melihat proses pembuatan kerajinan dari kulit. Bagi Anda yang berjiwa wirausaha Anda dapat membeli atau memesan produk dari Desa Wisata Manding untuk Anda jual kembali, atau Anda memiliki desain sendiri Anda dapat membuatnya melalui pengrajin di desa ini.

Desa Wisata Kasongan

Kasongan adalah salah satu desa wisata terbaik, dan telah banyak menjadi liputan media baik itu koran dan televisi nasional. Desa Wisata ini letak tepatnya berada di  Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, dan akan mengunjungi desa wisata ini, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 7 KM.

Jogja adalah pusat dari kerajinan tangan dan gerabah. Nah, di Desa Wisata Kasongan ini Anda dapat berwisata dan sekaligus belajar membuat gerabah. Di Desa Wisata Kasongan, keahlian membuat gerabah telah diakui dari berbagai dunia, dan saat ini peminatnya dari luar negeri terus bertambah dan menjadi ikon gerabah Indonesia di mata dunia.

Nah, jangan sampai Anda tidak memiliki kerajinan gerabah yang sudah kesohor dari Desa Wisata Kasongan. Tentu saja selain membeli gerabah yang sudah jadi, Anda juga bisa belajar membuat gerabah sendiri seusai dengan kreativitas Anda.

Desa Wisata Krebet

Jogja identik dengan batik, ketika Anda berkunjung ke Jogja Anda akan melihat berbagai produk kain batik. Nah, tahukah Anda bahwa Anda dapat belajar membatik? Tapi kali ini bukan belajar membatik di kain, tetapi di kayu.

Ya, di Desa wisata krebet Anda dapat belajar membatik kayu. Desa wisata yang sudah sangat terkenal akan kerajinan batik kayu dan pahatan kayu ini, memiliki sekitar 14 sanggar seni yang siap menerima kedatangan Anda untuk belajar.

Melalui  sanggar seni yang ada, Anda dapat belajar melukis batik di atas kayu, dan menuangkan ide serta imajinasi Anda menjadi sebuah karya. Anda dapat memberi warna atau menggambar batik pada kayu yang sudah berbentuk, seperti; gelang, topeng,  atau patung. Bagi Anda pecinta kerajinan tangan kamu bisa membeli juga hasil kerajinan tangan di desa ini.

Nah, bagaimana? Dari tiga desa wisata di atas, Anda dapat belajar banyak hal sehingga kunjungan Anda ke kota Istimewa Yogyakarta tidak akan terlupakan, dan memberikan Anda satu pengalaman tersendiri melalui desa wisata yang ada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *