Desa Wisata Blangsinga

Desa Wisata Blangsinga Mendunia Karena Pesta Pernikahan

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama Blangsinga, ya Desa yang terletak di Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar, Pulau Dewata Bali ini memang sebelumnya hanya desa biasa, desa yang tidak menjadi destinasi wisata, sehingga nama Desa Blangsinga belum banyak yang mendengar. Akan tetapi, beberapa tahun ini, Blangsinga telah berhasil mencuri mata dunia.

Awal mula Desa Blangsinga menjadi sorotan mata masyarakat dunia adalah ketika digelar pesta pernikahan mewah Gusti Ngurah Berlin Bramantara dengan Annie Fransisca. Berlin adalah putra dari pemilik usaha kuliner dan oleh-oleh Krisna Bali, Ajik Krisna. Dalam pagelaran pesat pernikahan, tahu yang datang meliputi pejabat negara baik pusat mau pun daerah, hingga para deretan artis.

Melalui acara pesta pernikahan, Desa Blangsinga mendapat sorot kamera, dan tersebar ke seluruh dunia. Keindahan alam yang dimiliki Desa Blangsinga memang mampu memesona siapa pun yang memandang, sehingga ingin berkunjung secara langsung.

Dikutip dari Liputan6.com, desa ini memiliki daya tarik wisata yang menakjubkan. Destinasi yang menjadi andalan yaitu Air Terjun Blangsinga.

Namun cerita pesta pernikahan yang membawa Desa Blangsinga dikenal sampai pen juru dunia adalah buah panjang perjuangan warga Desa Blangsinga bersama Ajik Krisna yang merupakan putra asli Blangsinga.

Awalnya, Blangsinga hanyalah kawasan desa biasa dengan pemandangan persawahan. Ajik Krisna yang telah sukses sebagai pengusaha lewat Krisna Holding Company, tergerak untuk mengangkat potensi wisata yang ada di desanya.

Ajik, mendirikan cabang Krisna Bali Suvenir Center dengan lokasi di dekat Air Terjun Blangsinga. Hal ini bertujuan, agar pengunjung juga dapat mengetahu bahwa ada pemandangan alam dan air terjun yang memesona di Desa Blangsinga. Upaya ini berangsur membuahkan hasil, Blangsinga bertransformasi menjadi desa dengan konsep One Stop Destination Villa.

Saat ini kondisi Air Terjun Blangsinga telah ditata agar dapat menarik lebih banyak wisatawan, dengan membangun sejumlah fasilitas umum, dan telah selesai pembangunan tangga akses menuju air terjun. Selain Air Terjun, Desa Balingsinga kini telah membuka wisata baru yaitu taman kupu-kupu.

Dengan kerja sama antar pihak, yang dimulai dari warga membuktikan bahwa memiliki desa wisata yang ramai pengunjung adalah mungkin untuk dilakukan. Kini, Blangsinga telah menjadi desa wisata yang layak dikunjungi, baik oleh pengunjung lokal mau pun internasional.

Jika Anda ingin berkunjung akses menuju Desa Wisata Balingsinga dari Denpasar hanya memakan waktu selama 40 menit dengan perjalanan darat. Jika Anda menempuh dari Ubud, waktu yang diperlukan pun kurang lebih sama.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi liburkan kamu. Selamat berkunjung. Salam Swadesa! [ Ryanstori ]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *