Desa Wisata Gamplong, Studio Alam Tempat Syuting Film Layar Lebar

Desa Wisata Gamplong, Studio Alam Tempat Syuting Film Layar Lebar

Yogyakarta memeliki beranekaragaman budaya dan banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kota gudeg ini. Deretan Desa yang ada di Jogja ini juga tidak kalah hebatnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Gamplong yang dijadikan tempat syuting film layar lebar Sultan Agung dan Bumi Manuasia.

Desa Gamplong terletak tidak jauh dari pusat Kota Jogja, hanya berjarak sekitar 16 KM dari Titik Nol KM Kota Jogja. Dengan digunakannya Desa Wisata Gamplong ini sebagai tempat untuk Syuting Bumi Manusia, membuat tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Secara Administratif Desa Wisata Gamplong ini terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini jauh dari hiruk pikuk keramaian kota Jogja sehinggan lokasi ini bisa membuat wisatawan menikmati kehidupan desa yang asri nan tenang.

Menjadi Sentra Kerajinan Tenun

Sudah sejak lama desa ini terkenal atau dikenal dengan Desa penghasil kerajinan tenun. Cukup banyak pengrajin yang bisa kamu temukan di desa wisata ini. Pengrajin yang menggeluti usaha Tenun ini mendapatkan keahliannya dari turun temurun.

Yang menjadi nilai tambah dari desa wisata yang satu ini adalah kamu bisa melihat secara langsung proses produksi Kerajinan tenun ini. Terampilnya para pengrajin menggunakan Mesin ATBM untuk membuat berbagai jenis kain lurik, stagen, dan berbagai macam kerajinan tenun lainnya.

Menurut informasi dari Pak Sutopo yang menjadi penasihat pengelola Desa Wisata ini seperti yang ditulis di Kompas.com, beliau mengatakan bahwa Dengan Potensi produk kerajinan alat tenun bukan mesin ini, Desa Wisata Gamplong mampu bertahan sebagai desa wisata yang cukup banyak diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara, karena mempunyai ciri spesifik yang bisa dijual.

Beliau juga menambahkan, setiap liburan tiba / akhir pekan dipastikan banyak wisatawan yang datang. Ditambah lagi biasanya para wisatawan juga membeli produk tenun hasil karya warga desa.

Selain bisa membeli tenun, anda juga bisa belajar menenun langsung dengan ahlinya loh di Desa Wisata ini. Gimana tertarik untuk mengunjungi desa wisata ini?

” Mini Holliwood ” Studio Alam Gamplong

Dengan dijadikannya sebagai tempat untuk syuting Film Layar Lebar, tentunya membuat desa wisata ini tidak luput mendapat sentuhan pembangunan dengan arsitektur jaman old yang tidak bisa dinikmati disembarang tempat.

Film Sultang Agung yang menjadi film pertama yang berlatar di lokasi wisata yang satu ini membuat beberapa bangunan klasik khas jawa berdiri gagah di tempat ini. Keraton Mataram menjadi magnet studio alam gamplong ini. Begitu pula dengan kompleks kampung Mataram yang menggambarkan kehidupan masyarakat di tahun 1600 M. Kedua tempat ini menjadi jantung Desa Wisata Gamplong yang unik.

Tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata ini? yuk segera agendakan liburanmu untuk mengunjungi tempat klasik nan bersejarah ini. [ Ahmad Fahrudin ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *