Desa Wisata Sei Gohong Taman Surga Pulau Kalimantan

Penat dengan rutinitas kehidupan urban; polusi, macet, bising dan segala hal yang menjadikan beban pikiran kian berat? Ada kalanya kita perlu rehat sejenak, memberi ruang untuk syaraf-syaraf kita agar kembali rileks. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk merenggangkan ketegangan pikiran adalah dengan berwisata.

Ya, wisata dapat memberikan pengalaman baru, dan juga menyegarkan pikiran kita. Akan tetapi ketika kita telah jenuh dengan suasana kota, lantas ke mana kita menenangkan pikiran dengan berwisata? Jawabnya tepat sekali, wisata desa. Wisata Desa akan menyuguhkan pengalaman berwisata yang berkaitan dengan alam dan budaya masyarakat lokal.

Mari kita berkunjung ke sebuah desa wisata di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kota Palangka Raya, yaitu Desa Wisata Sei Gohong. Desa wisata ini menyuguhkan panorama alam yang asri, lengkap dengan berbagai flora dan fauna endemi yang masih terjaga, dibalut dengan budaya dan kearifan masyarakat lokal.

Nama Desa Wisata Sei Gohong sendiri sudah sangat populer sebagai destinasi wisata masyarakat Kalimantan Tengah dan provinsi sekitar. Kekayaan alam yang masih terjaga, di tengah ekspansi alam untuk batu baru dan sawit yang terjadi di Kalimantan, maka Desa Wisata ini menjadi oase tersendiri untuk melepas penat dan menikmati keindahan flora dan fauna asli Kalimantan.

Di Desa Wisata Sei Gohong kita juga dapat menyaksikan aktivitas penduduk lokal, berinteraksi dengan mereka yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan nelayan. Kita dapat merasakan pengalaman menjadi petani asli pulau Kalimantan; cara bertani, tumbuhan yang di tanam, bahkan kita dapat memetik dari buah atau sayur yang siap panen, kita dapat membeli dan menjadikan sebagai oleh-oleh. Kapan lagi mendapat buah dan sayur yang segar alami tanpa bahan kimia.

Nama Sei Gohong sendiri memiliki arti Sungai Gohong, yaitu sungai yang berada di tepi pemukiman penduduk. Sungai ini sangat asri dan menjadi salah satu daya tarik wisata. Kita dapat menyewa kapal kecil untuk menikmati keindahan alam sungai gohong, atau sekedar bermain air bersama keluar dan teman di sana.

Desa Wisata Sei Gohong juga menawarkan pengalaman berinteraksi atau melihat secara langsung keberadaan satwa asli Kalimantan yaitu Orang Utan. Jika kita ingin menyaksikan keberadaan populasi Orang Utan, kita dapat menuju Pulau Kaja, satu jalur dengan Desa Si Kojong, kita hanya perlu menyeberang dengan kapal sewa melalui Dermaga Teluk Kaja.

Selain itu kita juga akan disuguhi dengan kearifan budaya lokal Kalimantan Tengah, mengingat Desa Sei Gohong adalah desa yang menjaga dan menjunjung tinggi kearifan budaya lokal, dan menjaga aset peninggalan leluhur dengan baik. Kita dapat belajar banyak tentang adat, tradisi dan budaya suku Daya di desa wisata ini.

Nah, tunggu apa lagi? Persiapkan rencana liburan kamu untuk segera menuju destinasi wisata terbaik dengan pesona alam dan budaya di Kalimantan Tengah ini. Selamat berwisata. Salam. [ Ryanstori ] 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *