Di Borobudur ada Kampung Bambu yang wajib Anda kunjungi

Di Borobudur ada Kampung Bambu yang wajib Anda kunjungi

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar nama Candi Borobudur, atau justru pernah berkunjung ke destinasi wisata yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia ini? Ya, Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini, setiap harinya dikunjungi ribuan orang baik dari domestik mau pun mancanegara. Tahukah Anda, bahwa tidak jauh dari Candi Borobudur yang tidak pernah sepi pengunjung itu, ada sebuah destinasi wisata yang juga patut Anda kunjungi?

Desa Wisata Kampung Bambu Klatakan, adalah destinasi wisata baru di Kecamatan Borobudur, lebih tepatnya terletak di Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika Anda sedang berkunjung ke Candi Borobudur, Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 5 KM untuk sampai di tempat ini.

Karena letaknya yang berdekatan dengan destinasi utama Kabupaten Magelang, untuk sampai di Desa Wisata Kampung Bambu Klatakan, bisa menggunakan mobil, sepeda motor, atau menggunakan delman dan andong dari Candi Borobudur. Anda juga dapat menempuh jarak ini dengan berjalan kaki sehingga lebih dekat, yaitu dengan menelusuri jalan setapak di perkampungan Bojong dan perkebunan warga.

Desa Wisata Kampung Bambu Klatakan, menawarkan kesejukan hutan bambu yang masih alami, hutan bambu yang berada di area lahan seluas 20 Hektar, dan tertata rapi serta bersih, degan berbagai fasilitas pendukung yang tersedia bagi para pengunjung. Misalnya sudah tersedia deretan kursi-kursi bambu atau lincak di beberapa sudut yang diperuntukkan bagi wisatawan beristirahat.

Bagi Anda yang suka berfoto, di Desa Wisata Kampung Bambu Klatakan ini telah tersedia berbagai fasilitas yang akan mendukung hasil foto Anda. Berbagai spot foto sudah disediakan, seperti latar pohon bambu yang rimbun dan hijau, adalah yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto bersama.

Tidak hanya spot foto dan rimbun hutan bambu, bagi Anda para penikmat senja jangan sampai melewatkan keindahan cahaya senja dari destinasi wisata ini. Selain itu Anda juga dapat melihat tempuran (pertemuan) tiga sungai Tangsi, Progo, dan Gending. Anda juga bisa bermain di rumah pohon atau bagai Anda yang menyukai wisata sport dan ekstrem, bisa mencoba melaju dengan mobil offroad di hamparan lahan desa wisata ini.

Lelah berwisata, saatnya Anda menikmati kuliner khas daerah, ya di desa wisata ini menyediakan stan makanan tradisional, keberadaan spot untuk berburu kuliner ini  akan memanjakan lidah Anda mencicipi makanan tradisional yang khas, Anda juga dapat merasakan kuliner yang belum pernah Anda temui di tempat lain. Kuliner yang dijajakan seperti; nasi jagung, kluban (urap sayur), bubur sayur, jenang, lemper, singkong bumbu ingkung. Dan untuk minuman yang menjadi andalan adalah badeg atau minuman dari nira kelapa.

Begitu, suasana destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi jika Anda berwisata ke Kabupaten Magelang atau Candi Borobudur. Tentu saja, tidak hanya menikmati pemandangan alam hutan bambu semata, keberadaan Kampung Bambu Klatakan sebagai wisata yang mengusung alam, edukasi dan konservasi pohon bambu, maka Anda sebagai pengunjung berkesempatan belajar banyak hal mengenai pohon bambu, di desa wisata ini ada lebih dari 10 jenis bambu, yang kemudian menjadi bagian dari terjaganya sumber resapan air bagi area sekitar. Karenanya, Anda ketika berkunjung akan diminta menaman satu pohon bambu sebagai praktik edukasi dan konservasi pohon bambu.

Dalam rencana Desa ditahun mendatang, akan membangun balai ekonomi yang dapat menjadi pusat pelatihan dan kegiatan ekonomi, sehingga dapat mendukung keberlangsungan dari desa wisata ini.

Selain itu, rencana pembangunan rumah tinggal juga telah disiapkan, guna mendukung kegiatan pariwisata dan menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Keberadaan rumah tinggal ini, diharapkan menarik minat wisatawan untuk tinggal lebih lama di Kampung Bambu Klatakan sehingga menggerakkan roda perekonomian warga Desa Wiringinputih.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *