Negeri di Atas Awan, Dieng Kulon, Banjarnegara

Negeri di Atas Awan, Dieng Kulon, Banjarnegara

Ketika mendengar kata ‘Dieng’ maka kebanyakan orang akan merujuk pada dataran tinggi yang dingin di Kabupaten Wonosobo. Benar adanya, Dieng memang berada di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Akan tetapi, para pengunjung lebih mengenal Dieng sebagai bagian dari Destinasi Wisata di Kabupaten Wonosobo. Hal ini menjadi maklum, mengingat untuk sampai di Dataran Tinggi Dieng, kita lebih dahulu menelusuri daerah pegunungan di Kabupaten Wonosobo.

Nah, tahukah Anda bahwa di Dieng bagian Kulon atau Dieng Kulon yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Banjarnegara, Anda akan menemukan satu desa yang begitu memesona dengan pemandangan alam, dan nuansa pedesaan yang berada di ketinggian? Ya, layaknya negeri dongeng, di Desa Dieng Kulon, Anda seolah berada di atas awan.

Ketika Anda mengunjungi desa yang terletak di deretan pegunungan Dieng, mata Anda akan betah berlama-lama memandang pesona alam di berbagai sudut. Di antara bukit keindahan alam saling bertaut menyatu, antara bumi dan langit, dengan batas tipis gugusan awan, dan garis warna-warni dari langit ketika matahari terbit dan tenggelam.

Berada di Desa Dieng Kulon, dengan suhu udara yang sejuk, menyaksikan pemandangan alam, membaur dengan keramahan warga, dan turut serta dalam budaya yang masih kental, akan menjadikan liburan atau kunjunganmu begitu berharga. Alam yang masih asri, dibalut budaya dan tradisi yang masih dijaga, menjadi satu paket wisata yang begitu sarat pengalaman bagi siapa saja yang mengunjungi kawasan wisata Dieng ini.

Desa Dieng Kulon, dijuluki ‘negeri di atas awan’ tidak berlebih karena ketika pagi dan senja tiba; dari atas bukit Anda akan melihat pucuk-pucuk pohon yang menyembul dari permukaan awan. Atap-atap rumah penduduk pun lenyap tertimbun awan pekat. Belum lagi, cahaya jingga yang kemudian membalut pesona romantis, bagi pengunjung. Lengkap kiranya, bayangan Anda tentang negeri dongeng di atas awan, dapat Anda rasakan melalui wisata di Dieng.

Selain keindahan alam, adat budaya dan tradisi, Anda juga dapat menikmati fenomena alam di dataran tinggi dieng, termasuk di Desa Dieng Kulon ini, yaitu ketika musim kemarau tiba suhu di Dataran Tinggi Dieng bisa mencapai  titik nol derajat Celsius, hal ini akan menyebabkan munculnya es. Kemunculan embun menjadi es ini, juga menjadi fenomena yang unik dan menarik perhatian wisatawan.

Kondisi suhu mencapai titik nol ini, akan menjadikan hamparan embun beku di pepohonan, rerumputan, dan tanah lapang. Anda seperti sedang berada di daerah es atau salju. Dan tentu, dengan pesona alam yang luar biasa.

Nah, bagaimana apakah Anda sudah merencanakan liburan Anda? Jangan sampai melewatkan Dataran Tinggi Dieng sebagai bagian dari daftar kunjungan Anda ya! Salam.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *